Departemen Politik FISIP-UI
close

   

Universitas Indonesia                             fisip-ui.jpg

Top Panel
Top Panel
Top Panel
Deskripsi Mata Kuliah PDF Print E-mail

 

 

 

Mata Kuliah Wajib Program Studi

 

 

  • Pemikiran Politik Barat

 

Memahami perkembangan pemikiran politik di Barat secara umum. Pokok-pokok yang dibahas adalah pemikiran-pemikiran politik Yunani kuno, abad pertengahan, masa renaisans, perkembangan liberalisme, sosialisme, dan fasisme.

 

 

  • Pemikiran Politik Indonesia

 

Membahas pemikiran-pemikiran politik yang berkembang di Indonesia sejak awal abad 20 sampai sekarang. Pokok pembahasan pemikiran politik selama pergerakan kemerdekaan dan menjelang terbentuknya Republik Indonesia, pemikiran politik setelah kemerdekaan, beberapa tingkah laku politik Jawa dan seberapa jauh modifikasi yang terkait pada masa sekarang dan berbagai lingkungan yang mempengaruhi perkembangan pemikiran politik Indonesia.

 

 

  • Pemikiran Politik Islam

 

Memberikan pemahaman tentang ciri-ciri khas dan masalah-masalah utama pemikiran politik dalam sejarah Islam, perkembangannya dalam sejarah, persepsi para pemikir terhadapnya, serta potensi kontribusinya terhadap masalah-masalah politik kontemporer.

 

 

  • Pemikiran Politik Kontemporer

 

Membahas pemikiran-pemikiran politik baru di dunia seperti Post Positivist dalam Pemikiran Politik Kontemporer,  Frankfurt School, Habermas dan Generasi Baru, Strukturalisme dan Post-Strukturalisme, Post-Marxisme, Post-Kolonialisme, prinsip dasar politik,  demokrasi radikal dan kosmopolitan, serta libertarianisme dan komunitarianisme.

 

 

  • Teori-Teori dan Metode Ekonomi Politik

 

Membahas teori-teori pembangunan pada umumnya untuk memahami masalah-masalah pemahaman konsep-konsep dasar Ilmu Ekonomi dan Politik yang saling terkait.

 

 

  • Perbandingan Politik

 

Merupakan kuliah pengantar peminatan dalam Ilmu Politik yang membahas pengertian apa itu perbandingan politik, teori building dalam perbandingan politik dan pendekatan serta isu-isu dalam perbandingan politik. Kajian mencakup pendekatan system, budaya, dan modernisasi politik dengan contoh kasus yang relevan.

 

 

  • Sistem Perwakilan Politik

 

Membahas teori-teori tentang perwakilan politik sebagaimana yang diinginkan dalam demokrasi. Pembahasan mencakup perkembangan pemikiran perwakilan politik, kelemahan dan keunggulan, serta relevansinya dengan perkembangan politik kontemporer.

 

                                                                               

  • Politik Kebijakan Publik

 

Membahas metode atau cara-cara yang lazim dalam pengambilan kebijakan publik melalui tahapan-tahapan yang dikenal dalam Ilmu Politik. Strategi pengambilan keputusan dalam kebijakan publik demi mencapai sasaran akan dibahas secara komprehensif. Hasil atau output dari sebuah kebijakan dan reaksi dari masyarakat dalam bentuk feedback atas sebuah kebijakan merupakan salah satu hal penting dalam politik kebijakan public.

 

 

  • Nasionalisme dan Resolusi Konflik Etnis

 

Membahas sejarah lahirnya semangat nasionalisme sejak awal kemerdekaan sebuah negara hingga situasi terakhir di era globalisasi ini. Pokok pembahasan meliputi bagaimana memberikan penyelesaian terhadap konflik-konflik etnis sebagaimana yang terjadi di beberapa tempat serta upaya pencegahan lahirnya konflik etnis melalui pendekatan Ilmu Politik.

 

 

  • Pembangunan Politik dan Studi Demokratisasi

 

Membahas masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan politik di Negara-negara berkembang termasuk Indonesia, khususnya mengenai studi demokrasi. Salah satu pokok kajian yang menarik untuk dibahas dalam studi demokrasi in terkait dengan latar belakang sejarah, budaya, dan perkembangan politik di suatu negara.

 

                                    

  • Perempuan dan Politik

 

Membahas mengenai gender dalam Ilmu Politk, feminisme, hubungan perempuan dengan Negara, gerakan perempuan dan demokratisasi,  perempuan dalam agama. Studi ini membahas secara komprehensif mengenai permasalahan perempuan yang terkait dalam politik baik latar belakang sejarahnya sampai perkembangannya saat ini.

 

 

  • Kekuatan-kekuatan Politik di Indonesia

 

Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan analisis mahasiswa mengenai kekuatan-kekuatan politik di Indonesia. Pembahasan mata kuliah ini mengacu pada keterkaitan antara konsep Ilmu Politik dengan realita politik di Indonesia.

 

 

  • Metodologi Ilmu Politik

 

Mengkaji usaha-usaha yang dilakukan oleh para ilmuwan politik untuk menjadikan Ilmu Politik sebagai sebuah disiplin ilmiah. Pokok-pokok yang dibahas adalah filsafat ilmu, perkembangan ilmu pengetahuan, pembentukan teori dan berbagai pendekatan yang dikembangkan dalam Ilmu Politik.

 

  • Magang Politik

 

Mata kuliah ini merupakan paduan kegiatan belajar dan bekerja atau magang di lembaga-lembaga politik seperti halnya parlemen (DPR), partai politik, organisasi social politik, lembaga swadaya masyarakat, dan lainnya. Magang ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merefleksikan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan politik secara nyata.

 

 

  • Seminar Pilihan Masalah

 

Merupakan seminar yang dilakukan oleh para mahasiswa berdasarkan makalah yang mereka tulis. Mahasiswa bebas memilih topik yang akan mereka tulis namun dianjurkan agar topik makalah adalah topik yang diajukan sebagai topik skripsi atau Tugas Karya Akhir.

 

 

  • Tugas Karya Akhir

 

Karya akhir merupakan kelanjutan dari mata kuliah yang berbobot 3 SKS yang ditentukan oleh Program Sarjana bagi mahasiswa/i yang memilih jalur tamat belajar tanpa skripsi. Tema/bentuk/jenis/tugas karya akhir ditetapkan oleh program sarjana.

 

 

  • Jalur Skripsi

 

Mahasiswa yang memilih jalur skripsi ditugaskan untuk membuat skripsi sebagai suatu syarat penyelesaian studi Program Sarjana Reguler Departemen Ilmu Politik dibawah bimbingan Staf Pengajar yang ditunjuk oleh Program Sarjana.

 

 

 

Mata Kuliah Peminatan Politik dan Demokratisasi di Indonesia

 

 

  • Lembaga Eksekutif dan Birokrasi di Indonesia

 

Membahas mengenai teori dan pendekatan dalam menganalisa lembaga eksekutif dan birokrasi, hubungan diantara keduanya serta masalah-masalah yang muncul dalam prakteknya. Kuliah ini memfokuskan pada kasus Indonesia dan komparasi dengan Negara-negara lain di dunia.

 

  • Pemerintahan dan Politik Desa

 

Membahas pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap struktur pemerintahan desa modern/adat serta lapisan sosial di desa dan pengaruh stuktur pemerintahan modern dan pemerintahan adat yang akan berpengaruh terhadap proses politik di desa.

 

 

  • Politik Perkotaan

 

Analisis studi politik perkotaan ini terkait dengan masalah-masalah ekonomi politik perkotaan, kekuasaan dalam komunitas perkotaan, gerakan sosial dan masalah buruh di perkotaan, kebijakan publik di perkotaan, politik dan perencanaan perkotaan serta masa depan kota di Indonesia.

 

 

  • Globalisasi dan Politik di Indonesia

 

Membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan isu globalisasi dan relevansinya dengan perkembangan politik Indonesia. Perkembangan konsep dan teori dalam globalisasi, khususnya dalam pembahasan studi kasus globalisasi  dan politik di Indonesia.

 

 

  • Bisnis dan Politik

 

Mata kuliah ini akan memberikan kemampuan  kepada mahasiswa untuk dapat memahami fenomena keterkaitan bisnis dan politik, yaitu bagaimana politik mempengaruhi bisnis dan sebaliknya. Diharapkan mahasiswa mampu menganalisis hubungan bisnis dan politik dengan menggunakan landasan teoritis. Perkuliahan akan difokuskan kepada dinamika hubungan bisnis dan politik di Indonesia  dari masa ke masa dengan referensi kasus-kasus.

 

 

  • Pemilu, Prilaku Pemilih, dan Lembaga Perwakilan di Indonesia

 

Studi ini membahas perkembangan pemilihan umum di Indonesia dengan menekankan pada lembaga-lembaga yang terlibat langsung pada proses penyelenggaraan pemilu. Terkait hal tersebut, akan dibahas khusus mengenai keberhasilan pemilu bila dilihat dari aspek keterwakilan politik masyarakat, peran partai politik, dan perilaku politik pemilih dalam proses penyelenggaraan pemilihan umum.

 

 

  • Politik Lokal dan Otonomi Daerah

 

Studi ini akan membahas mengenai pembagian kekuasaan antara pusat dan daerah, masalah desentralisasi dan otonomi daerah dalam perspektif Negara kesatuan dan federalisme, stuktur pemerintahan daerah, hubungan pusat dan daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta implikasi dari kebijakan politik di daerah.

 

 

  • Politik Perburuhan dan Hubungan Industrial

 

Membahas peran yang dimainkan oleh kelompok-kelompok yang memperjuangkan hak-hak buruh dengan mengambil studi kasus di beberapa Negara maju dan berkembang. Selain itu juga dibahas perkembangan kelompok serikat pekerja ataupun lembaga-lembaga non pemerintah yang secara langsung terlibat dalam hubungan industrial dengan kelompok pengusaha. Dengan menekankan kasus Indonesia akan dibahas secara khusus hubungan triparttit; pengusaha, pekerja, dan pemerintah.

 

 

 

Mata Kuliah Peminatan Perbandingan Politik

 

 

  • Masyarakat dan Politik Asia Tenggara

 

Mata kuliah ini membahas 3 (tiga) hal utama yaitu tipologi masyarakat Asia Tenggara yang dipengaruhi oleh ragam budaya., tipollogi kolonialisme di Asia Tenggara, dan tipologi gerakan nasionalisme di Asia Tenggara.

 

 

  • Politik di Malaysia, Singapura, dan Brunei

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Malaysia, Singapura, dan Brunei serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di ketiga Negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Filipina, Thailand, dan Myanmar

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Filipina, Thailand, dan Myanmar serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di ketiga Negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik, militer dan hubungan sipil dengan militer serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Indocina

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Indocina yang meliputi Negara Kamboja, Vietnam dan Laos serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di ketiga negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik komunisme serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Asia Timur

 

Membahas peran lembaga-lembaga politik, partai politik, kelompok kepentingan dan kelompok penekan yang ikut bermain dalam pembentukan karakteristik politik di Asia Timur, khususnya di Negara Jepang dan Cina. Dengan melihat latar belakang sejarah hingga fenomena politik kontemporer yang berkembang saat ini, diharapkan bisa memberi pemahaman mendalam mengenai politik di Asia Timur.

 

 

  • Politik di Australia

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Australia serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, masalah federalisme, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, demokrasi, aktor-aktor politik yang bermain dalam perpolitikan di Australia serta perkembangan politik kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Eropa Barat

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik Negara-negara di Eropa Barat serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, demokrasi, aktor-aktor politik yang bermain dalam perpolitikan di setiap Negara di Eropa Barat khususnya Inggris, Perancis dan Jerman, serta perkembangan politik kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Amerika Serikat dan Kanada

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Amerika Serikat dan Kanada serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, demokrasi, aktor-aktor politik yang bermain dalam perpolitikan di Amerika Serikat dan Kanada serta perkembangan politik kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

Mata Kuliah Pilihan

 

 

  • Perubahan Sosial Ekonomi dan Dinamika Politik

 

Memaparkan proses industrialisasi atau modernisasi yang berbeda di berbagai negara di dunia dengan mengkaitkannya aliansi dan konflik kelas yang ada dan bentuk pemerintahan yang berkembang.

 

  • Konsensus dan Konflik

 

Membahas teori-teori konflik dan konsensus dengan fokus konflik politik. Pokok-pokok yang dibahas adalah teori-teori konflik sosial dan konflik politik, resolusi konflik, dan kasus-kasus konflik atau konsensus.

 

 

  • Geopolitik dan Strategi Kemananan

 

Membahas pemetaan secara geopolitik, bagaimana isu kependudukan, populasi suatu negara berdampak pada keamanan dalam negeri suatu negara. Secara khusus, posisi geopolitik Indonesia akan dilihat berkaitan dengan perkembangan konstelasi populasi dan letak wilayah serta isu keamanan baik regional dan internasional.

 

 

  • HAM dan Perubahan Politik

 

Membekali pengetahuan mahasiswa dengan pengertian hak-hak asasi dalam kehidupan politik praktis, isu-isu yang berkembang terkait dengan HAM dan perubahan politik yang terjadi di dunia khususnya di Indonesia

 

 

  • Politik Lingkungan dan Sumber Daya Alam

 

Membahas bagaimana isu lingkungan telah menjadi salah satu yang terpenting dalam perkembangan isu politik suatu Negara ataupun kawasan. Bagaimana isu lingkungan telah mempengaruhi kebijakan suatu Negara dan tarik menarik antar kepentingan dalam pengelolaan sumber daya alam sehingga membentuk sebuah kebijakan politik suatu Negara, yang kemudian berdampak pada hubungan antar masyarakat di dalam dan hubungan bilateral dan multilateral dengan Negara lain. Kajian ini memfokuskan pada bagaimana politik lingkungan dan sumber daya alam diterapkan dengan melihat studi kasus di beberapa Negara.

 

 

  • Politik Identitas dan Kewarganegaraan

 

Studi ini mengkaji peranan kewarganegaraan dengan adanya peralihan dunia disamping mendalami unsur-unsur yang berpengaruh dalam mempertahankan keberadaan atau eksistensi warga Negara dan identitas individu, kelompok serta golongan di suatu Negara.

 

 

  • Politik di Amerika Latin

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik negara-negara di Amerika Latin serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di Negara-negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik, gerakan sosial politik, militer dan hubungan sipil dengan militer serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Asia Selatan

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Asia Selatan serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara negara yang ada di Asia Selatan khususnya India dan Pakistan. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik, militer dan hubungan sipil dengan militer serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Rusia dan Eropa Timur

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Russia dan Eropa Timur serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara-negara tersebut. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik komunisme, militer dan hubungan sipil dengan militer serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.

 

 

  • Politik di Timur Tengah dan Afrika

 

Studi ini membahas mengenai sistem politik di Timur Tengah dan Afrika serta lingkungan dalam dan luar yang mempengaruhi perpolitikan di negara-negara yang berada di wilayah Timur Tengah dan Afrika. Pembahasan dimulai dari sejarah politik, lembaga tinggi Negara, sistem kepartaian, pemilu, ideologi politik, militer dan hubungan sipil dengan militer serta perkembangan kontemporer yang terjadi didalamnya.